Kegiatan

Kegiatan
Suasana pemilihan Ketua DPP KMB Nauli di Hotel Mesra Samarinda, November 2016. Voting dimenangkan Janri Manro Samosir.

Sabtu, 25 Maret 2017

LIMA PUAK BATAK DI SAMARINDA BERSATU

-- Pengukuhan Pengurus KMB Nauli Dihibur Trio Elexis

SAMARINDA: Warga etnis Batak di Kota Samarinda mengagendakan pengukuhan pengurus periode 2016-2021 di Gedung Serbaguna GOR Sempaja Samarinda,  Minggu (15/1/2017). Acara yang dimulai pukul 19.00 Wita itu rencananya dihibur artis Batak Trio Elexis.
Ketua Terpilih KMB (Kerukunan Masyarakat Batak) Nauli Samarinda, Janri Manro Samosir mengatakan, pengukuhan pengurus dilakukan Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang. 
"Kami sudah konfirmasi, beliau bersedia hadir. Mudah-mudahan tidak ada perubahan jadwal beliau," ucap Janri Manro Samosir ditemani Bernat Eduanton Simbolon (Sekretaris KMB) dan JW Sianipar (Wakil Sekretaris KMB).
Ketua KMB menjelaskan, dia mendapat mandat memimpin organisasi itu setelah memperoleh suara terbanyak saat voting pada Mubes (Musyawarah Besar) di Hotel Mesra Samarinda bulan November 2016 lalu. Lebih 300 peserta Mubes KMB hadir dan memberikan hak suaranya secara demokratis.
Menurut Janri Samosir, dia berterimakasih atas kepercayaan yang diberikan warga Batak Samarinda. Dia berjanji menjaga kepercayaan itu dengan memberikan yang terbaik untuk kemajuan warga Batak Samarinda.
"Organisasi ini selain menjadi penjaga budaya dan adat Batak di Samarinda, juga berusaha untuk kemajuan anggota yang hidup di perantauan," ujar Janri yang dikenal sebagai pengusaha perminyakan ini.
Jika selama ini ada kesan masyarakat Batak umumnya beragama Kristen, menurut Janro Samosir, melalui organisasi KMB dipersatukan bahwa warga Batak juga banyak yang beragama Islam. Mereka tersebar pada semua Puak Batak.
"Saat ini ada lima Puak Batak di Samarinda bergabung dalam KMB. Yaitu puak Mandailing dan Angkola, puak Pakpak, puak Karo, puak Simalungun dan puak Toba," lanjut Janri Samosir. Ia mengatakan masih ada dua puak lagi seperti Nias dan Gayo yang diharapkan juga bergabung dengan KMB Nauli.
Sementara Sekretaris KMB Nauli Samarinda Bernat Eduanton Simbolon menjelaskan, panitia pengukuhan sudah siap dengan melibatkan semua puak. Undangan juga telah disebar dengan asumsi dihadiri sekitar 1.500 orang warga Batak dari Samarinda dan juga kabupaten / kota se Kaltim.
"Kami mengundang juga warga Batak atau pengurus organisasi Batak dari kabupaten dan kota se Kaltim. Kita ingin menjalin komunikasi agar warga Batak yang ada di provinsi ini bersatu," ujar Bernat seraya menambahkan tema acara itu adalah "Batak Hebat Jika Kita Bersatu". 
Mengenai acara hiburan, Wakil Sekretaris JW Sianipar menginformasikan, untuk artis Trio Elexis sudah tiba di Samarinda pada 13 Januari. Kemudian mengikuti gladi resik pada 14 Januari.
"Selain Trio Elexis ada juga grup penyanyi Batak Samarinda seperti Gosera, Los Marulos dan Situmorang," kata JW Sianipar.
Kemudian dari 5 puak Batak juga menyajikan tarian tradisional sambil diramaikan tradisi "olop-olop". #

Tidak ada komentar:

Posting Komentar