Kegiatan

Kegiatan
Suasana pemilihan Ketua DPP KMB Nauli di Hotel Mesra Samarinda, November 2016. Voting dimenangkan Janri Manro Samosir.

Sabtu, 25 Maret 2017

Janri Samosir Ajak Batak Se Kaltim Bersatu

-Pengukuhan Pengurus KMB Nauli Samarinda 15  Januari 2017, Dihibur Trio Elexis

Diperkirakan 15 ribu jiwa etnis Batak menjadi penduduk di Kalimantan Timur. Tersebar di 10 kabupaten dan kota, namun sejauh ini belum ada wadah pemersatu setingkat provinsi.
Ironi ini disampaikan oleh Ketua umum terplih KMB (Kerukunan Masyarakat Batak) Nauli Samarinda Janri Manro Samosir. Oleh sebab itu, menurutnya, perlu organisasi yang merekatkan seluruh keluarga Batak yang berdomisili di Kaltim.
"Itu salah satu amanat dari musyawarah besar KMB Nauli yang digelar bulan November 2016 lalu," ucap Janri Manro Samosir didampingi Sekretaris Bernat Eduanton Simbolon.

Organisasi komunitas Batak di kabupaten dan kota se Kaltim umumnya sudah terbentuk dengan nama berbeda-beda. Bahkan bukan hanya satu organisasi, bisa 2 atau 3 organisasi. Misalnya ada organisasi untuk Batak beragama Nasrani dan juga Batak beragama Islam. Ditambah lagi berdirinya puluhan kelompok marga (punguan).
Seperti di Kota Samarinda bernama KMB Nauli, kemudian di Balikpapan bernama Forum Komunikasi Batak Balikpapan, di Kabupaten Kutai Kartanegara ada juga satu organisasi dengan nama  Ikatan Keluarga Batak Muslim (IKBM) Dalihan Natolu.
"Ini kekayaan luar biasa. Itulah yang dikehendaki peserta Mubes KMB Nauli dan tokoh-tokoh Batak di Samarinda. Kalau mau besar ya harus bersatu," ujar pengusaha perminyakan ini.  
Suku Batak terdiri dari 5 puak, yakni Toba, Karo, Mandailang dan Angkola, Pakpak serta Simalungun. Sementara untuk jumlah marga ada ratusan. Catatan KMB Nauli di Kota Samarinda saja, ada 92 punguan (persatuan kelompok marga).
Dari amanat Mubes KMB Nauli itu, Janri Manro Samosir mengatakan, akan mensosialisasikan setelah pengurus KMB Nauli Samarinda yang dipimpinnya dilantik dan dikukuhkan. "Ini tugas yang diamanatkan Mubes kepada kami," ujarnya.

Mubes KMB Nauli di Hotel Mesra Samarinda berlangsung demokratis. Pemilihan ketua umum yang diikuti 7 kandidat, dilakukan dengan pencoblosan one man one vote oleh anggota yang akhirnya dimenangkan Janri Manro Samosir menggantikan Nixson Butarbutar.
Pelantikan dan pengukuhan pengurus KMB Nauli Kota Samarinda sudah dijadwal 15 Januari 2017 di Gedung Serbaguna Komplek GOR Sempaja Samarinda. Acaranya malam hari, sekaligus juga syukuran pengurus dengan menghadirkan hiburan artis Batak Trio Elexis dan tarian-tarian tradisional.
"Kepada pengurus organisasi Batak di kabupaten dan kota se Kaltim yang ingin datang dipersilakan. Kami terbuka. Intinya adalah bagaimana agar orang Batak di Kaltim ini bisa maju dan bermanfaat bagi daerah kita ini," ucap JW Samosir. #

Tidak ada komentar:

Posting Komentar